Bupati Soppeng Bertindak Sebagai Inspektur Upacara Pada Apel Gelar Pasukan Ops Lilin Tahun 2021


MEDIA INFOTA ■ Kepolisian Negara Republik Indonesia Daerah Sulawesi Selatan Resor Soppeng menggelar kegiatan Apel Gelar Pasukan dalam rangka Operasi Lilin Tahun 2021. Bertempat di Halaman Kantor Bupati Soppeng, Kamis , 23/12/2021.

Yang bertindak selaku Inspektur Upacara Bupati Soppeng H.A.Kaswadi Razak,SE dan Komandan Upacara Ipda Laode M Irwan,S.Sos ( Kanit Turjawali Satlantas Polres Soppeng ).

Apel gelar pasukan di tandai dengan pemeriksaan pasukan di lanjutkan dengan penyematan Pita Operasi oleh Inspektur Upacara.

Bupati Soppeng H.A.Kaswadi Razak,SE membacakan Amanat Kapolri Jenderal Polisi Drs. Listyo Sigit Prabowo,M.Si menyampaikan apel gelar pasukan operasi lilin 2021 diselenggarakan secara serentak di seluruh jajaran Polri, mulai dari tingkat mabes Polri hingga kesatuan kewilayahan. Apel gelar pasukan ini dilaksanakan sebagai bentuk pengecekan akhir kesiapan pelaksanaan operasi lilin dalam rangka pengamanan perayaan natal tahun 2021 dan tahun baru 2022, baik pada aspek personal maupun sarana prasarana serta keterlibatan unsur terkait seperti TNI Pemda dan mitra Kamtibmas lainnya.

Perayaan natal dan tahun baru oleh masyarakat secara universal dirayakan melalui kegiatan ibadah dan perayaan pergantian tahun di tempat-tempat wisata yang akan meningkatkan aktivitas pada pusat keramaian. peningkatan aktivitas masyarakat ini tentu saja sangat berpotensi menimbulkan gangguan Kamtibmas, gangguan kamseltibcar dan pelanggaran protokol kesehatan covid-19.


Oleh karena itu Polri menyelenggarakan operasi lilin 2021 yang akan dilaksanakan selama 10 hari mulai tanggal 24 Desember 2021 sampai dengan tanggal 2 Januari 2022 dengan mengedepankan kegiatan preemtif dan preventif secara humanis serta penegakan hukum secara tegas dan profesional. Tentunya dengan tetap menerapkan protokol kesehatan guna mencegah penyebaran covid-19 sehingga masyarakat dapat merayakan Natal dan tahun baru dengan rasa aman dan nyaman.

Dalam pelaksanaan pengamanan Natal dan Tahun Baru, Polri telah mempersiapkan 83.917 personel polri, 15.842 personel TNI, serta 55.086 personel instansi terkait lainnya. Personal tersebut akan ditempatkan pada 1.607 pos pengamanan untuk melaksanakan pengamanan terkait gangguan Kamtibmas dan Kamseltibcar lantas, dan 675 pos pelayanan untuk melaksanakan pengamanan di pusat keramaian, pusat belanja , stasiun, terminal, bandara , pelabuhan dll.

Pengamanan ini tidak boleh dianggap sebagai agenda rutin tahunan biasa, sehingga menjadikan kita cenderung under estimate dan kurang waspada terhadap setiap dinamika perkembangan masyarakat. Lagi di masa pandemi covid 19 Saat ini kita harus lebih peduli jangan sampai kegiatan perayaan natal dan tahun baru menimbulkan cluster cluster baru penyebaran covid 19. Berdasarkan mapping kerawanan yang telah dilakukan, ada beberapa prediksi gangguan Kamtibmas yang harus kita antisipasi antara lain ancaman terorisme dan radikalisme, ancaman sabotase penyalahgunaan narkoba, pesta miras, aksi perusakan fasilitas umum, aksi kriminalitas seperti curat, curas, curanmor tawuran antar kelompok pemuda atau antar kampung, balapan liar, kemacetan dan kecelakaan lalu lintas maupun ancaman bencana alam seperti banjir dan tanah longsor sebagai dampak dari musim penghujan.

Untuk itu saya harapkan seluruh kesatuan mampu menentukan langkah antisipasi yang proaktif dan aplikatif serta cara bertindak yang tepat, efektif ,dan efisien dalam mengatasi berbagai potensi gangguan yang ada sesuai karakteristik kerawanan pada masing-masing daerah. Dengan semangat dan rasa kebersamaan beberapa penekanan saya untuk dipedomani guna mendukung keberhasilan dalam pelaksanaan tugas yaitu sebagai berikut:

Siapkan mental dan fisik serta jaga kesehatan, niatkan setiap pelaksanaan tugas sebagai ibadah kepada Tuhan Yang Maha esa.
Lakukan deteksi dini guna memetakan dinamika dan fenomena yang berkembang sebagai langkah antisipasi sedini mungkin untuk mencegah aksi yang meresahkan masyarakat.

Tingkatkan kepekaan, kewaspadaan dan kesiapsiagaan dalam melaksanakan pengamanan dan antisipasi terhadap kemungkinan terjadinya aksi teror dan kriminalitas yang memanfaatkan momentum Natal 2021 dan perayaan tahun baru 2022.
Laksanakan pengamanan secara profesional dan humanis, berikan pelayanan terbaik lengkapi sarpras dan perlengkapan program yang memadai serta lakukan penugasan anggota dengan buddy sistem.
Melaksanakan penegakan hukum secara profesional dan proporsional serta bertindaklah secara tegas namun humanis terhadap setiap pelanggaran hukum yang berpotensi menimbulkan gangguan Kamtibmas.
Mantapkan kerjasama sinergi dan soliditas para pihak yang terlibat demi keberhasilan pelaksanaan operasi.
Tetaplah menjadi teladan bagi keluarga rekan dan masyarakat dalam menerapkan protokol kesehatan mencegah penyebaran covid-19 yaitu mencuci tangan, memakai masker, jaga jarak serta menerapkan pola hidup sehat dan bersih.
Sekecil apapun peran yang diberikan kepadamu , itu akan memberi catatan sejarah bagi perjalanan hidupmu, yang suatu saat bisa kamu tuliskan dan ceritakan kepada anak cucu kelak. Selamat hari raya Natal 2021 dan tahun baru 2022.

Acara Turut di hadiri Wakil Bupati Soppeng, Ketua DPRD Soppeng, para anggota Forkopimda, Kadis Kesehatan Kabupaten Soppeng, Kadis Perhubungan Kabupaten Soppeng, Kasat.Pol.PP dan PMK Kabupaten Soppeng, Para Perwira Kepala Bagian, Kepala satuan, Kapolsek seJajaran Polres Soppeng, Para Perwira Staf/Danramil Jajaran Kodim 1423 /Soppeng.

Adapun personel Apel gelar pasukan sebagai berikut :
1.1 SSK personel Polres Soppeng
2.1 SST personel Kodim 1423/Spg.
3.1SST personel Satpol PP
4.1SST. personel Dishub Soppeng
5.1SST PSC.Kab.Soppeng

Publish : wandi