Perlu Mama Tahu, Harga Eceran Tertinggi Minyak Goreng Resmi Dicabut


MEDIA INFOTA ■ Pemerintah melalui Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto dalam rapat internal terbatas memutuskan untuk mencabut subsidi minyak goreng kemasan sederhana dan premium, berlaku mulai hari ini Rabu 16 Maret 2022.

Dalam rapat tersebut Airlangga Hartanto menyebut bahwa keputusan itu dilakukan untuk membuat minyak goreng mudah ditemui di pasar modern dan tradisional dimana harga dapat menyesuaikan dengan nilai keekonomian dalam artian harga diserahkan sesuai pasar.

"Terkait dengan harga kemasan lain ini tentu akan menyesuaikan terhadap nilai keekonomian sehingga kami berharap minyak sawit akan tersedia dipasar modern dan pasar tradisonal", kata Airlangga Hartanto usai mengikuti rapat terbatas Selasa 15 Maret 2022.

Meskipun demikian, pemerintah memberikan subsidi kepada minyak goreng curah, namun harga eceran tertinggi minyak goreng curah naik. Dari yang harganya Rp11.500 menjadi Rp14.000 per liter.

Hal itu dilakukan karena Pemerintah memperhatikan situasi penyaluran dan keadaan dari pada distribusi minyak goreng dan memperhatikan situasi global sehingga terjadi kenaikan harga komuditas termasuk minyak nabati dan di dalamnya termasuk minyak kelapa sawit.

"Maka pemerintah memutuskan harga kelapa sawit curah itu sebesar Rp 14.000 per liter dan subsidi akan diberikan berbasis kepada dana dari BPDB-KS", jelas Menko Perekonomian.

Wandi