Pemkab Soppeng Gelar Acara Tatap Muka Dengan Pangdam XIV/Hasanuddin Mayjen TNI Andi Muhammad, SH, MH


MEDIA INFOTA ■ Pemerintah daerah Kab.Soppeng menggelar acara Tatap muka dengan Pangdam XIV/Hasanuddin Mayjen TNI Andi Muhammad, SH, MH bersama Aparat Pemda, Tokoh masyarakat, tokoh agama, tokoh pemuda, serta kelompok tani se Kab.Soppeng, bertempat di Medde, Desa Patampanua, Kecamatan Marioriawa, Kabupaten Soppeng. Senin, 01 Agustus 2022

Bupati Soppeng, H. A. Kaswadi Razak, SE dalam sambutannya menyampaikan Kunjungan dari pangdam XIV /Hasanuddin ini merupakan suatu kehormatan bagi kami di kabupaten Soppeng. Dan pada hari ini kami laporkan bahwa kabupaten Soppeng adalah salah satu daerah penyangga pangan di Sulawesi Selatan dan keberadaan kita di sini merupakan suatu komitmen dari TNI terhadap program nasional tentang bagaimana menjaga pangan saat ini.

Kami mengambil inisiatif untuk menghadirkan perwakilan dari semua desa dan kelurahan yang ada di Kab. Soppeng, dengan tujuan untuk lebih memperkenalkan program bapak terkait apa yang akan kita lakukan hari ini. Kami juga laporkan bahwa rata-rata produksi jagung yang ada di kabupaten Soppeng tahun 2017-2021 adalah 140.291 Ton pipilan kering yang mana mengalami peningkatan dibandingkan dengan tahun 2016 yaitu 93.131 ton pipilan kering. Komunitas jagung saat ini merupakan komoditi primadona dan digemari oleh masyarakat kabupaten Soppeng karena komoditi ini sangat menjanjikan dan tidak mengalami pasang surut di masalah harga.

Semoga program ini dapat mempererat hubungan antara TNI dan masyarakat serta memberikan kontribusi nyata terhadap pembangunan bangsa dan negara. Dan insya Allah apapun program yang akan dilaksanakan oleh Dandim, kami akan senantiasa mengawal dan menjaga silaturahim ini untuk mewujudkan harapan kita bersama.


Tak hanya meningkatkan produksi jagung, saat ini kami juga bercita-cita untuk mengembalikan kejayaan sutra yang ada di kab. Soppeng. Sehingga kita memiliki dua pilihan yang mana lebih produktif dan menguntungkan antara jagung atau sutera, maka itu yang akan dikerjakan oleh para petani. Dan semua akan terwujud dengan kebersamaan yang tinggi dan dengan menggelorakan semangat “Yassisoppengi”.

Pangdam XIV/Hasanuddin Mayjen TNI Andi Muhammad, SH, MH dalam sambutannya menyampaikan Sebagaimana kita ketahui bahwa kegiatan menanam jagung ini merupakan salah satu upaya pemerintah daerah dalam meningkatkan produksi pertanian dan ketahanan pangan khususnya komoditi jagung, dalam rangka pemulihan dan pertumbuhan ekonomi masyarakat khususnya masyarakat petani. Apalagi dalam kondisi dunia saat ini, yang secara umum terjadi kelangkaan pangan. Oleh karena itu, kita harus bersyukur karena kita berada di Indonesia, negara yang berdaulat dan makmur karena berada di garis khatulistiwa yang hanya memiliki dua musim yaitu musim kemarau dan musim hujan.

Dalam meningkatkan perekonomian, maka diperlukan strategi pangan, salah satunya yaitu meningkatkan produksi pertanian termasuk jagung dan tadi disinggung juga oleh Bupati Soppeng masalah Sutra, hal ini perlu karena sandang dan pangan sangat dibutuhkan masyarakat.


Terkait dengan apa yang dilakukan pada hari ini, merupakan wujud kepedulian TNI dalam mendukung program pemerintah dalam meningkatkan produksi pertanian dan pangan khususnya jagung. Dan sekarang di semua wilayah Dandim agar terlibat langsung untuk meningkatkan ketahanan pangan dan produksi pertanian khususnya palawija. Dan kehadiran kami ini merupakan salah satu bentuk dukungan TNI Angkatan Darat terhadap pemerintah baik pemerintah pusat maupun pemerintah daerah.

Pada kesempatan ini mungkin saja adalah kunjungan terakhir saya sebelum berakhirnya masa jabatan saya. Namun perjuangan saya di TNI AD tidak akan pernah lekang atau pupus dengan waktu dan gerak perubahan zaman. Karena walaupun nantinya saya sudah tidak berdinas di TNI, tapi pengabdian saya kepada nusa dan bangsa tidak akan pernah luntur, saya akan selalu tampil ambil bagian selama hayat masih di kandung badan. Saya akan selalu hadir apabila rakyat dan negara membutuhkan saya.

Acara dilanjutkan penyerahan bibit jagung secara simbolis kepada para perwakilan kelompok tani oleh Pangdam XIV Hasanuddin turut didampingi Bupati Soppeng, Wakil Bupati Soppeng, danrem 141 Toddopuli. Dilanjutkan penanaman jagung secara serentak oleh Pangdam XIV Hasanuddin, Danrem 141 Toddopuli, Bupati Soppeng, Wakil Bupati Soppeng, Ketua DPRD Kab. Soppeng, para Anggota Forkopimda Kab. Soppeng, Ketua persit kartika chandra kirana XIV /Hasanuddin,

Turut hadir pada kegiatan ini, Wakil Bupati Soppeng, Ketua DPRD Kab. Soppeng, para Anggota Forkopimda Kab. Soppeng, Danrem 141 Toddopuli, Ketua Pengadilan Negeri Watansoppeng, Ketua Pengadilan Agama Watansoppeng, para kepala SKPD, ketua persit kartika chandra kirana Kab. Soppeng, para Camat, kepala desa/lurah se Kab. Soppeng, para kelompok tani se Kab. Soppeng.

Publish : wandi