Siap-siap Harga Indomie/Mie Instan Bakal Naik


MEDIA INFOTA ■ Bagi anda penggemar mie instan atau Indomie siap- siap merogok kocek dalam- dalam, pasalnya harga Indomie/mie instan bakal naik 3 kali lipat dari harga sebelumnya.

Dari catatan MediaInfota.com harga eceran mi instan di warung klontong sudah mencapai Rp 2.500 sampai Rp 3.500 per bungkus, jadi jika naik 3 kali lipat harga Indomie bisa mencapai 7 ribu sampai 10 ribu rupiah per bungkus.

Lantas apa penyebab naiknya harga mie instan di Indonesia?

Kenaikan harga mie instan di Indonesia disebabkan karena imbas dari perang antara Rusia dan Ukraina dimana kedua negara tersebut merupakan penghasil gandum terbesar di dunia, gandum merupakan salah satu bahan pokok dalam pembuatan mie instan.

Menteri pertanian Syahrul Yasin Limpo menjelaskan bahwa lonjakan kenaikan harga mie instan bisa sampai 3 kali lipat tersebut disebabkan akibat perang Rusia-Ukraina sehingga semua negara terkena dampaknya terkhusus Indonesia sebab Indonesia merupakan salah satu negara yang masih mengandalkan impor gandum.

"jadi hati-hati yang makan mie banyak dari gandum, besok harganya naik 3 kali lipat," jelas Mentan SYL dalam sebuah webinar strategi penerapan GAP tanaman pangan memacu produksi guna antisipasi krisis pangan global, Senin (8/8/2022).

Lebih lanjut, Mentan SYL mengatakan saat ini Ada sekitar 180 juta ton gandum di Ukraina tidak dapat keluar dari negara itu karena Invasi Rusia ke Ukraina yang sudah berlangsung hampir dua bulan ini sehingga menghambat distribusi pasokan, hal tersebut berdampak pada harga gandum menjadi mahal.

"Belum selesai dengan climate change, kita dihadapkan Perang Ukraina-Rusia. Di mana ada 180 juta ton gandum nggak bisa keluar", ujarnya.

Wandi