Pemkab Soppeng Terima Mahasiswa KKN Unhas Gelombang 109


MEDIA INFOTA ■ Penerimaan Mahasiswa KKN Unhas Tematik Desa wisata dan Mahasiswa  KKN Perhutanan Sosial Gelombang 109 di Ruang Pola Kantor Bupati Rabu, 28/12/2022

Sambutan Dosen Pembimbing KKN Dr. Ir. Ar. Samsuddin Amin MT. Saya perlu melaporkan ke bapak Wakil Bupati bahwa Pelaksanaan KKN Unhas di Kabupaten Soppeng mencanangkan 2 (dua) tema KKN yaitu KKN Desa Wisata dan KKN Perhutanan Sosial dengan jumlah total mahasiswa sebanyak 49 orang dengan rincian 34 orang di KKN Desa Wisata, dan 15 orang KKN Perhutanan Sosial.Yang ada di hadapan kita ini adalah mahasiswa-mahasiswa pilihan sebenarnya, karena dari mekanisme pendaftaran KKN gelombang 109 yang ada sekarang, itu mereka memilih tema tetapi tidak memilih lokasi, tidak ada satupun diantara peserta yang ada di sini tadi memilih Soppeng, begitu pula di Daerah lain, karena kami memang mencoba untuk kemudian tidak menempatkan atau tidak mencantumkan lokasi di pilihan registrasi mahasiswa, sehingga kami akan mencoba untuk menempatkan  dilokasi yang mereka belum pernah kenal dan alhasil ini adalah mahasiswa-mahasiswa pilihan dari KKN Unhas untuk kemudian diterjunkan ke lokasi yang meliputi 8 desa kelurahan, di mana KKN desa-desa Soppeng itu menempati 5 posko pertama di desa mattabulu Kecamatan lalabata kemudian Kelurahan ompo kecamatan lalabata, desa bulue Kecamatan Marioriawa , desa sering kecamatan donri-donri dan desa gattareng toa Kecamatan Marioriwawo. lalu kemudian dengan Tema KKN kedua yang menempati 3 posko yaitu di Desa Timusu Kecamatan liliriaja, di Desa umpungeng Kecamatan Lalabata dan Desa watutoa kecamatan marioriwawo. Dan berlangsung selama 45 hari.


Anak-anakku sekalian, elaborasi dari penempatan kalian dilokasi sudah kami atur sedemikian rupa sehingga tidak bertumpuk mahasiswa baik dari pertimbangan gender maupun pertimbangan prodi meskipun kelihatannya di khususnya KKN Pariwisata terlalu banyak mahasiswa Tehknik, sehingga hampir setiap posko  ada paling tidak 3 sampai 4 anak teknik disitu dan kita berharap dengan berkumpul dengan Teknik KKN di Soppeng ini bisa memberi kontribusi yang lebih besar dari gelombang-gelombang sebelumnya, karena banyak hal yang bisa dilakukan di seluruh lokasi KKN di dua tema yang saya sebutkan tadi. Begitu pula dengan anak-anak ku sekalian dari prodi-prodi yang lain wisata hal-hal  yang berkenang dengan wisata itu tidak hanya dengan kata wisata tetapi ada pendekatan-pendekatan dan aspek-aspek lain yang kelihatannya itu akan sangat bisa memberi kontribusi di pariwisata dan sosial. 

Harapan kami bagi anak-anakku, bahwa kalian paling tidak belajar tentang kearifan lokal yang ada di sini, Soppeng itu terkenal dengan kearifan lokalnya Bagaimana bertutur kata yang baik, bagaimana berinteraksi dengan warga yang ada di lokasi masing-masing sehingga kita tetap belajar pada hal-hal yang tidak diajarkan dibangku kuliah.

Wakil Bupati Ir. H. Lutfi Halide, MP dalam sambutannya mengatakan Alhamdulillah hari ini, Pemerintah Kabupaten Soppeng kedatangan Mahasiswa KKN Gelombang 109 dari Universitas Hasanuddin. Hal ini tentu menjadi biasa bagi setiap perguruan tinggi untuk menjalankan program pengabdian masyarakat sebagai bagian dari pelaksanaan Tri Darma Perguruan Tingginya. Akan tetapi kedatangan Mahasiswa KKN ini akan menjadi luar biasa bagi kami Pemerintah Daerah dalam memperluas jaringan, sinergi dan kolaborasi sekaligus memperkuat kinerja dalam pembangunan daerah,
apalagi mahasiswa KKN kali ini adalah mahasiswa KKN Tema  Desa Wisata dan KKN Tema Perhutanan Sosial.

Oleh karena itu, atas nama Pemerintah dan masyarakat
Kabupaten Soppeng mengucapkan Selamat datang kepada Mahasiswa KKN UNIVERSITAS HASANUDDIN
(UNHAS) Gelombang 109 di Kabupaten Soppeng.

Pemerintah daerah meyakini bahwa KKN memiliki symbiosis mutualisme atau prinsip saling menguntungkan. Salah satu strong point pembangunan Kabupaten Soppeng adalah sektor keparawisataan. Desa Wisata Kabupaten Soppeng umumnya berada pada Kawasan Perhutanan. Olehnya itu, tepat sekali mahasiswa KKN Tema Wisata dan mahasiswa
KKN Tema Perhutanan Sosial memilih Kabupaten Soppeng sebagai lokasi KKN. Tentu mahasiswa dapat beraktivitas pada kedua Kawasan ini secara langsung untuk melatih kompetensi atau bidang yang menjadi konsentrasi sesuai dengan Tema KKN kalian pada saat ini.

Selain itu, tentunya kehadiran mahasiswa KKN Unhas ini dapat membawa semangat, antusiasme, serta motivasi terbarukan bagi masyarakat Kabupaten Soppeng, khususnya masyarakat yang ada di lokasi KKNnya. Olehnya itu, para mahasiswa betul-betul dapat
memanfaatkan waktu dengan baik. Menggali potensi yang terkait dengan bidang keilmuannya dengan langsung berinteraksi dengan masyarakat.

Turut Hadir Asisten Administrasi Umum, Kadis Pariwisata Kab. Soppeng, Ka.Kesbangpol Kab.Soppeng, Kadis Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kab. Soppeng, Lurah Ompo, Kepala Desa Timusu, Kepala Desa Mattabulu.

Publish : wandi