Bupati Soppeng Tutup Gelaran Festival Budaya Gau Maraja La Patau Matanna Tikka Soppeng 2023


MEDIA INFOTA ■ Bupati Soppeng, H.A.Kaswadi Razak, SE menghadiri Acara Penutupan Gau Maraja La Patau Matanna Tikka Soppeng 2023 bertempat di Sao Mario,Batu-Batu,Kecamatan Marioriawa. Selasa (18/7/2023).

Laporan Ketua Panitia, Kepala Dinas Pendidikan Dan Kebudayaan Kab.Soppeng, Andi Sumangerukka, S.Sos, M.Si, Kegiatan Gau Maraja La Patau Matanna Tikka telah sampai pada penghujung acara, dan baru-baru ini kita saksikan bersama yaitu pertemuan Silaturahim Wija La Patau Matanna Tikka yang juga merupakan pada rangkaian kegiatan Gau Maraja.

Adapun yang telah kita laksanakan yaitu jelajah budaya, pameran makanan tradisional, pameran benda pusaka, kirab budaya, permainan tradisional, pementasan seni budaya, seminar internasional, ziarah makam, pertemuan Wija serta video mapping yang merangkai secara modern budaya dan tradisi Soppeng dari masa paling tua sampai dengan masa pembangunan sekarang ini.


Keseluruhan acara tersebut telah berlangsung dan sukses serta sesuai harapan dan tujuan kita bersama sebagai bentuk pelestarian kebudayaan daerah dalam rangka pemajuan kebudayaan nasional serta benteng kebudayaan Sulawesi Selatan, olehnya itu dengan rasa syukur yang mendalam perkenankan atas nama Panitia pelaksana menyampaikan Terima kasih atas petunjuk arahan dan komitmen Bapak Bupati serta seluruh forkopimda, bapak wakil bupati, serta kerjasama dan kolaborasi dari ketua perwira La Patau Matanna Tikka, Fakultas Ilmu Budaya Universitas Hasanuddin dan Balai pelestarian kebudayaan wilayah XIX dalam pelaksanaan seluruh rangkaian acara ini.

Terima kasih kepada Ibu Profesor Doktor Hj.Andi Suriaman Mustari Pide dan keluarga atas perkenaan beliau untuk menggunakan Sao Mario sebagai tempat pertemuan par Wija dan acara penutupan ini, terima kasih juga kami sampaikan kepada para Wija La Patau Matanna Tikka, panitia pengarah, dan devisi-devisi kepanitiaan yang telah menjalankan tugasnya, Selain itu kami juga menyampaikan permohonan maaf kepada seluruh tamu undangan serta terutama dari luar negeri apabila terdapat kekurangan dalam pelaksanaan kegiatan ini.

Sambutan Ketua Perwira La Patau Matanna Tikka, Muh. Sapri Andi Pamulu, Atas nama pengurus dan pribadi mengucapkan terimakasih kepada Pemerintah Kabupaten Soppeng yang sangat luar biasa mendukung untuk berkolaborasi.

Dan sesaat yang tadi kita telah laksanakan tudang Sipulung dengan para Wija La Patau Matanna Tikka untuk menampung dan merumuskan dulu dari hasil tudang Sipulung ini supaya nanti bisa dapat memenuhi standar yang sudah ada di sini, karena standarnya sangat terlalu tinggi jadi kita menyesuaikan nanti berikutnya.

Pengurus perwira sesuai dengan Akte kita akan coba sempurnakan sesuai dengan apa yang tadi yang dibicarakan nanti kan ada rumusan mungkin akan disampaikan, dan dalam waktu dekat kita akan mengadakan musyawarah atau rapat kerja nasional mungkin menyangkut kelengkapan kepengurusan, Saya ajak kepada kita semua untuk bergabung dengan organisasi ini untuk kita bisa dapat bersinergi membangun dan juga berkontribusi terhadap lingkungan.

Sambutan Bupati Soppeng, H.A.Kaswadi Razak, SE. Yang sekaligus menutup Gau Maraja La Patau Katanya Tikka Soppeng 2023, Apa yang kami lakukan ini untuk berusaha semaksimal mungkin menyempurnakan apa yang menjadi kewajiban-kewajiban kami sebagai tuan rumah, tentunya pasti masih ada kelemahan dan kekurangan kami, olehnya itu kami mohon maaf yang sebesar-besarnya semoga kita bisa bertemu kembali.

Saat ini juga kami mencoba menggagas suatu kegiatan budaya Gau Maraja tapi secara lokal khususnya Soppeng tapi namanya Insya Allah festival Umpungeng. Dan alhamdulillah di tempat kita berada ini Insya Allah mungkin beberapa tahun kedepan akan juga ada sekolah budaya jadi bukan hanya rumah Tahfidz yang kita akan saksikan bersama kita akan Letakkan batu pertama untuk pembangunannya. Dan Insya Allah akan menyusul peletakkan batu pertama sekolah budaya.

Ini pertanda bahwa di Soppeng nanti akan semakin bisa mewujudkan apa yang pernah kami sampaikan bahwa Soppeng Insya Allah akan jadi benteng budaya, mudah-mudahan dengan kebersamaan kita semakin solid, kita berjuang bersama sehingga kami yakin dan percaya bahwa kami bisa karena didukung oleh orang-orang hebat yang ada di belakang kami.

Izinkan saya melalui kesempatan ini menyampaikan pesan Malilu Sipakainge, Rebba Sipatokkong, Mali Siparappe, Siriu Menre Tessiriu No, Sitiroang Deceng, Tessiroang Ja, Insya Allah kalau ini kita pertahankan, kita bisa mengimplementasikan dan saya yakin para Wija akan semakin solid.

Acara ini dilanjutkan dengan peletakan baru pertama pembangunan rumah tahfidz Quran Al- Mustari, oleh Bupati Soppeng.

Turut hadir pada kegiatan ini, Mayjen TNI (Purn) Andi Muhammad Bau Sawa, Wakil Bupati Soppeng, Ketua DPRD Soppeng, Anggota Forkopimda, Sekretaris Daerah, Pejabat Eselon II, Camat, Narasumber Seminar Internasional Mokoto (Japan), Raja-raja Nusantara bersama permaisur, Ketua Perkumpulan Budaya dari berbagai daerah, Tuan rumah Prof. Dr.Hj.Andi Suriaman Mustari Pide, SH.MH.

Publish : wandi