Koramil 1423-03/Lilirilau Kodim 1423/Soppeng, Peduli Pasar Tradisional Salaonro




Media Infota,Soppeng,- Kepedulian terhadap lingkungan adalah tugas semua pihak dan masyarakat demi terwujudnya lingkungan yang bersih, asri dan nyaman juga akan mewujudkan lingkungan yang sehat dari berbagai penyakit.

Tentara Nasional Indonesia (TNI) melalui jajaran Komando Teritorial paling bawah seperti Komando Resort Militer (Koramil) terus berupaya untuk selalu hadir menjadi Solusi dalam permasalahan yang ada di sekitar masyarakat, seperti halnya yang saat ini yang dilaksanakan Koramil 03/Lilirilau Kodim 1423/Soppeng Korem 141/Toddopuli Kodam XIV/Hasanuddin melaksanakan kegiatan Karya Bakti pembersihan lingkungan di Pasar Tradisional Salaonro Kelurahan Ujung Kecamatan Lilirilau Kabupaten Soppeng. Jumat (22/12/2023)

Kegiatan Karya Bakti ini merupakan perintah dari Komando Atas melalui bapak Pangdam XIV/Hasanuddin Mayjen TNI Dr. Totok Imam Santoso, S.I.P., S.Sos., M.Tr (Han) dan bapak Danrem 141/Toddopuli Brigjen TNI Sugeng Hartono, S.E., M.M.

Menindak lanjuti perintah tersebut Dandim 1423/Soppeng Letkol Inf Sigit Suhendro Hadi Kusmawan, S.T., M. Tr (han) memerintahkan para Danramil jajaran Kodim 1423/Soppeng untuk melaksanakan program Karya Bakti pembersihan Selokan, saluran air serta penanaman pohon diwilayahnya guna mengantisipasi kemungkinan bahaya banjir apabila memasuki musim penghujan.

Bak gayung bersambut, melaksanakan perintah Dandim 1423/Soppeng, Ws. Danramil 03/Lilirilau Serma Ngadi Wahono bersama para anggota Babinsa Koramil 03/Lilirilau dengan sigap melaksanakan Karya Bakti dengan sasaran pembersihan di area Pasar Tradisional Salaonro. 

Ws. Danramil 1423-01/Lilirilau Serma Ngadi Wahono yang ditemui dilokasi mengatakan bahwa kerja bakti pembersihan saat ini menitik beratkan pada pembersihan sampah-sampah yang berserakan disekitaran pasar berupa sampai kering dan sampah basah dan juga sampah berupa plastik seperti kantongan bekas maupun plastik minuman air mineral disepanjang area Pasar Tradisional Salaonro.

Kegiatan ini merupakan wujud kepedulian TNI terhadap lingkungan diwilayah kerjanya sebagai wujud nyata peran serta memelihara lingkungan yang bersih, asri dan nyaman.

"Karya Bakti pembersihan ini selain mencegah banjir juga upaya dalam menjaga kebersihan lingkungan serta meminimalisir timbulnya wabah penyakit, kususnya demam berdarah disaat musim penghujan tiba, dengan melibatkan Stakeholder di wilayah seperti Babinkamtibmas, Pemerintah Kelurahan, Siswa/i dari SMA 7 Soppeng serta elemen masyarakat". Ujarnya

Lebih lanjut, Serma Ngadi Wahono menghimbau kepada masyarakat untuk senantiasa selalu menerapkan hidup sehat dengan menjaga lingkungan agar selalu dalam kondisi bersih termasuk selokan dengan tidak membuang sampah sembarangan serta selalu waspada dengan datangnya bencana banjir apabila musim penghujan tiba. Tutupnya

Ucapan terima kasih juga disampakan kepada Pemerintah Kelurahan Ujung, SMA Negeri 7 Soppeng serta masyarakat sekitar yang ikut membersihkan, semoga apa yang kita lakukan sebagai ladang ibadah demi mewujudkan lingkungan yang bersih, asri dan nyaman serta mewujudkan lingkungan yang sehat.(**)