SMP Negeri 1 Watansoppeng Gelar Karya P5, Ini Tema dan Tujuannya






Mediainfota, Soppeng,- Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Watansoppeng melaksanakan kegiatan gelar karya Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5), Rabu 8 Mei 2024 di Jalan Samudera No.48, Kelurahan Botto, Kecamatan Lalabata,Kabupaten Soppeng.

Kepala Sekolah SMP Negeri 1 Watansoppeng Supriadi Usman, S. Pd. M.Pd ketika ditemui diruang kerjanya baru-baru ini menjelaskan kegiatan gelar karya P5 tersebut mengambil tema Bhineka Tunggal Ika dengan topik Eksplorasi Budaya Nusantara, Ungkapnya.




" Semua siswa SMP Negeri 1 Watansoppeng dilibatkan dan setiap kelas memilih salah satu budaya Indonesia untuk di eksplorasi. Mereka diberikan kesempatan beraktifitas dan mengenal budaya Indonesia yang majemuk, mulai dari pakaian adat, rumah adat, tari-tarian hingga makanan tradisional suatu daerah yang dipilih ditampilkan semua," Lanjut Supriadi Usman, S.Pd. M.Pd.

Tujuan diadakannya gelar karya P5 dengan mengambil tema Bhineka Tunggal Ika adalah untuk mengenalkan budaya dan adat istiadat daerah yang ada di Indonesia agar tercipta rasa bangga sebagai anak bangsa yang majemuk dan plural. Dengan pengenalan adat budaya sejak dini diharapkan sikap saling menghargai dan menghormati dapat tumbuh agar terhindar dari segala bentuk kondisi yang dapat menyebabkan disintegrasi.Pungkas Supriadi Usman, S.Pd.M.Pd.

Untuk diketahui bersama Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) program dirancang oleh Kemendikbudristek sebagai bagian dari Kurikulum Merdeka yang bertujuan untuk mendorong tercapainya Profil Pelajar Pancasila. Adapun program ini diterapkan dengan menggunakan paradigma baru, yakni melalui pembelajaran berbasis projek.

Turut hadir dalam gelar karya P5 SMP Negeri 1 Watansoppeng Kabid pembinaan ketenagaan mewakili Kadisdikbud Muhammad Husni, S.Pd.M.Pd, Pengawas SMP dan Kepsek SMP se- Kabupaten Soppeng dan para orang tua siswa.(**)