SMP Negeri 2 Watansoppeng Raih Predikat Literasi dan Numerasi Terbaik Tahun 2024




Mediainfota,Soppeng, - Usai menerima penghargaan sebagai sekolah literasi dan numerasi terbaik dari Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Soppeng di Hotel Novotel Makassar pada tanggal 14 Mei 2024, Sudirman, S.Pd Kepala SMP Negeri 2 Watansoppeng berbagi kiat-kiat hingga sekolah yang dipimpinnya bisa meraih penghargaan tersebut.

Menurut Sudirman keberhasilan sekolahnya meraih penghargaan sebagai sekolah dengan predikat literasi dan numerasi terbaik tahun 2024 tidak lepas dari peran serta para pendidik dan siswa sendiri itu, Rabu 29 Mei 2024.


Salah satu langkah yang diambil adalah pengoptimalan penggunaan perpustakaan. Menciptakan lingkungan perpustakaan yang nyaman dan menarik dengan koleksi buku yang beragam bisa mendorong siswa untuk lebih banyak membaca, Papar Sudirman, S.Pd.

Lebih lanjut Sudirman menjelaskan untuk kegiatan membaca kami menetapkan waktu khusus setiap hari untuk kegiatan membaca perkelas, menciptakan lingkungan sekolah dan kelas yang kaya akan teks, Katanya lagi.

" Mengaitkan materi pelajaran dengan kehidupan sehari-hari siswa. Menggunakan berbagai jenis teks (fiksi, non-fiksi, puisi, artikel berita) dalam pembelajaran," Tambahnya lagi.

Sedangkan untuk kegiatan numerasi kami melakukan kegiatan yang mengaitkan konsep matematika dengan situasi nyata yang familiar bagi siswa, seperti belanja, memasak, dan permainan. Menggunakan permainan edukatif untuk mengajarkan konsep matematika secara menyenangkan, Katanya lagi.

" Menggunakan benda konkret seperti blok bangun, koin, dan kartu angka untuk membantu siswa memahami konsep abstrak. Mendorong siswa untuk bekerja dalam kelompok untuk memecahkan masalah matematika, sehingga mereka bisa belajar dari satu sama lain. Tandas Sudirman, S. Pd.

SMP Negeri 2 Watansoppeng yang beralamat Jl. Pengayoman No.3, Lemba, Kec. Lalabata, Kab. Soppeng Provinsi Sulawesi Selatan merupakan sekolah yang masuk 10 besar peraih predikat literasi dan numerasi terbaik tahun 2024 dari Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Soppeng.(**)