Bupati Soppeng Bertindak Sebagai Inspektur Upacara Pada Peringatan Hari Pahlawan


MEDIA INFOTA ■ Bupati Soppeng H. A. Kaswadi Razak, SE, bertindak sebagai Inspektur upacara pada peringatan Hari Pahlawan 10 November Tahun 2021 yang dilaksanakan di Halaman Upacara Kantor Bupati Soppeng, Rabu 10 November 2021.

Adapun yang bertindak sebagai Komandan Upacara Ipda Kapten Infrantri Irfan Nasir dari Kodim 1423 Soppeng 
- Perwira upacara:  AKP Jamaluddin, SH dari Polres Soppeng
- Pengiring: Korsik Bahana Abdi Praja dari Satuan Polisi Pamong Praja dan Damkar
- Pembacaan Pesan2 Pahlawan: Drs.Arafah. Am, Sm.Hk, M.Si, Kepala Badan Kesbangpol
- Pembaca Undang-Undang : Alimuddin Sima, S Kom., M.Si dari BPKPD
Pembaca doa : Dr.Musriadi, S.Ag., M.Ag

Sambutan Seragam Menteri Sosial Republik Indonesia Tri Rismaharini yang dibacakan Bupati Soppeng menyampaikan Kita sadar bahwa kita berbeda-beda, tetapi jangan sampai terpecah-pecah oleh perbedaan SARA (Suku, Agama, Ras, dan Antar golongan), karena akan membuat mundur jauh ke era sebelum Sumpah Pemuda 1928. Kita harus terus menggelorakan semangat Gotong royong serta Persatuan dan Kesatuan Indonesia. Perbedaan justru semakin memperkaya dan memperkuat kita, Bangsa Indonesia. Seraya mengembangkan toleransi terhadap perbedaan yang ada, dengan berdasar seloka: Bhinneka Tunggal Ika, berbeda-beda namun tetap satu jua.


Kita harus lebih maju dari tahun sebelumnya. Kita akan buktikan pada dunia, kalau bersama kita bisa mewujudkan cita-cita para Pahlawan. Karena kita bukan bangsa lemah, yang menerima kemerdekaaan sebagai hadiah penjajah, secara bersama kita mengalahkan dan mengusir balatentara terkuat dunia.

 Kita adalah anak dan cucu kandung para Pahlawan Bangsa. Semangat, tekad, dan keyakinan pahlawan, harusnya dapat menginspirasi dan menggerakkan kita semua untuk mengemban misi bersejarah "mengalahkan" musuh bersama yang sesungguhnya, yaitu kemiskinan dan kebodohan dalam arti yang luas. Hal ini sejalan dengan tema Hari Pahlawan 2021 "Pahlawanku Inspirasiku".

Dalam 20 tahun mendatang (2020-2040) kita akan memasuki "bonus demografi", yaitu periode di mana angka dependency ratio mencapai angka minimal. Dalam periode ini, akan terdapat lebih banyak tenaga kerja produktif yang bermanfaat untuk memenangkan perang melawan kemiskinan dan kebodohan. Namun di sisi lain, juga terdapat kecenderungan berkurangnya lapangan pekerjaan yang harus kita antisipasi dengan cerdas dan seksama. Kenyataan ini, harus kita hadapi dengan semangat wirausaha yang sesungguhnya. Kita pasti bisa, karena Tuhan kita Maha Kaya dan Maha Adil.

 Melalui peringatan Hari Pahlawan tahun 2021, marilah kita bersama-sama bahu membahu dengan penuh keikhlasan dan rasa tanggungjawab serta penghormatan atas jasa dan pengorbanan para pahlawan, memberikan kontribusi bagi bangsa dan negara sesuai kemampuan dan profesi masing-masing. 

Oleh karenanya, kita akan membuka kesempatan keluarga para penerima bansos yang berusia muda untuk keluar dari kemiskinan. Untuk itu, kita akan mengupayakan program graduasi yang sesungguhnya, melalui pendidikan vokasi. Serta peningkatan kemampuan untuk memenuhi kebutuhan hidup dengan berbasis peluang yang ada atau peluang yang bisa diciptakan atau minat dan bakatnya.

 Mengakhiri sambutan ini, saya mengajak seluruh warga bangsa untuk menyatukan tekad dan langkah, secara aktif dalam membangun Indonesia lebih baik. Semoga ALLAH SWT, Tuhan Yang Maha Esa senantiasa melindungi dan meridhoi kita semua dalam mewujudkan cita-cita para pahlawan. Kobarkan semangat, tekad, dan keyakinan para pahlawan. Jadikanlah pahlawan sebagai inspirasi

Turut hadir dalam Upacara ini, Wakil Bupati Soppeng, Ketua DPRD Kab. Soppeng, para Anggota Forkopimda, Wakil Ketua Pengadilan Negeri Watansoppeng, Ketua Pengadilan Agama Watansoppeng, Sekertaris Daerah Kab.Soppeng, para Staf Ahli Bupati, para Asisten Setda, Para Kepala SKPD, para Kepala Instansi Vertikal, para Kepala BUMN/BUMD Kab. Soppeng, unsur TNI/ Polri, para Kabag sekertariat Daerah, Para Camat se Kab. Soppeng.

Peserta upacara terdiri dari 1 SST Anggota Kodim/1423 Soppeng, 1 SST Anggota polres Soppeng, 1 SST Anggota Pol-PP Soppeng, 2 SST ASN Pemda Soppeng

Publish : wandi