Luhut : Kasus Meninggal Akibat Covid 19 Mayoritas Terjadi Pada Orang Yang Belum Divaksin


MEDIA INFOTA ■ Menko Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan dalam konfrensi persnya secara virtual, Senin 14 Februari 2022 mengatakan bahwa warga yang sudah disuntik vaksin Covid-19 secara lengkap tetap bisa beraktivitas seperti biasa karena kasus meninggal akibat Covid 19 mayoritas terjadi pada orang yang belum divaksinasi.

Untuk itu Menko Kemaritiman mengajak masyarakat yang belum divaksin segera melakukan vaksinasi lengkap dan vaksin Booster. 

Lebih lanjut Luhut menjelaskan bahwa orang-orang yang sudah divaksinasi Covid-19 secara lengkap dan tidak punya penyakit bawaan tetap bisa jalan-jalan.

"Kalau memang dia sudah divaksin, sudah dua kali, sudah booster, tidak ada komorbid, ya, jalan-jalan saja. Nggak ada yang perlu dikhawatirkan berlebihan," ujarnya.

Luhut juga meminta kepada warga untuk tidak khawatir berlebihan menghadapi virus Covid-19 varian Omicron karena Omicron hanya 2 kali lebih parah dari penyakit flu biasa.

Dia menyebut belum ada rencana pengetatan pengawasan aktivitas warga. Menurutnya, pemerintah malah sedang berupaya melakukan pelonggaran PPKM tetapi dengan monitoring yang ketat.

Luhut juga meminta dengan tegas kepada pemerintah daerah dan Forkompimda setempat agar berhati-hati dan tetap humanis dalam tiap melakukan imbauan kepada masyarakat. 

"Utamakanlah penerapan protokol kesehatan dibanding sekedar membubarkan,” ujarnya.

Wandi