IDI Soppeng Gelar Kegiatan Mini Workshop Bantuan Hidup Dasar Untuk Masyarakat Awam


MEDIA INFOTA ■ IDI (Ikatan Dokter Indonesia) Kab. Soppeng gelar Kegiatan Mini Workshop bantuan hidup dasar untuk masyarakat Awan dalam rangka HUT IDI ke -72 Tahun di Ruang Rapat DPRD Kab. Soppeng Minggu, 19 November 2022

Ketua Panitia, dr. Moh. Shohibul Fadhillah dalam laporannya mengatakan bahwa 
Peringatan HUT IDI ke-72 Tahun  mengangkat Tema "Berbakti untuk Negeri, Mengabdi untuk Rakyat. Satu IDI Terus Maju". Latar belakang pemilihan tema tersebut dilihat dari semakin maraknya perkembangan ilmu pengetahuan dan teknoogi pembaharuan yang turut melahirkan pengembangan di berbagai kehidupan terkhusus di bidang kesehatan ini. 

Oleh karena itu, kegiatan ini merupakan bentuk kepedulian IDI Kab. Soppeng untuk memotivasi bagaimana melakukan pertolongan pertama dan apa yang harus dilakukan, serta bagaimana mengidentifikasi pasien pada saat terjadi kejadian yang tidak diinginkan untuk masyarakat umum. Berkaitan dengan hal tersebut, kami mengundang para Narasumber yang sangat kompoten di bidangnya masing-masing untuk menyampaikan materinya.

Saya mewakili seluruh panitia mengucapkan banyak terima kasih kepada pemerintah daerah khususnya Bupati Soppeng berserta jajarannya telah telah berpastisipasi di acara workshop ini serta terima kasih pula saya ucapkan kepada para sponsorship. 

Ketua IDI Cabang Soppeng dr Safriadi Sp.PD dalam sambutannya mengatakan Pada tahun ini IDI telah merayakan ulang tahun yang ke 72 yang secara resmi berdiri pada tahun 1950, dan telah mengalami perjalanan yang cukup panjang sebagai bagian dari organisasi profesi di indonesia. Memasuki usia yang ke 72, IDI telah di tunjukkan sebagai lembaga profesi indonesia yang telah melakukan pembinaan dan pengawasan dan profesi kedokteran yang berpegang teguh dengan kode etik kedokteran. IDI senantiasa melakukan usaha menjaga mutu pelayanan dokter kepada masyarakat indonesia, dan tentunya IDI Soppeng akan terus meningkatkan tenaga Sumber daya manusianya  dengan bekerjasama pemerintah daerah, dinas kesehatan, dan  rumah sakit.

Mudah mudahan Kab. Soppeng bisa menjadi center pelayanan kesehatan yang bermutuh dan berkualitas di sulawesi selatan.  Tentunya IDI Kab. Soppeng sangat antusias terhadap pelaksanaan kegiatan ini sekaligus kami juga akan terus mendukung kebijakan/program yang dibuat oleh Pemerintah Kab. Soppeng yang bertujuan untuk peningkatan kesehatan masyarakat. 

Ketua DPRD Soppeng, H.Syahruddin M Adam dalam sambutannya Saya selaku ketua DPRD memberi ruang kepada setiap komponen masyarakat untuk bisa memanfaatkan gedung ini dengan baik, di karenakan gedung ini adalah warisan dari Bupati Soppeng sewaktu masih menjabat sebagai Ketua DPRD Kab. Soppeng, tetapi yang penting acara yang ingin di lakukan pada gedung ini tidak bertepatan dengan jadwal rapat yang sudah di tentukan.

Tentu kami juga sangat mendukung kegiatan IDI ini yang turut berperan untuk meningkatkan kesehatan bagi masyarakat dan telah tampil di garda terdepan bersama dengan tenaga medis lainnya dalam menghadapi  situasi pandemi saat ini.  


Bupati Soppeng, H. A. Kaswadi Razak, SE yang juga bertindak sebagai keynote speaker pada kesempatan tersebut memberikan materi terkait peran pemerintah Kab. Soppeng dalam penanggulangan kegawatdaruratan kesehatan di Kab. Soppeng dan dalam sambutannya menjelaskan :
Atas nama pemerintah daerah, saya sangat pengapresiasi atas terselenggaranya kegiatan ini apalagi disaat ulang tahun IDI yang ke 72. Kami berharap IDI dapat melibatkan diri dan berkontribusi nyata terutama di Program Pemerintah Daerah Kab. Soppeng, serta membuat program yang berbeda dengan daerah lain, karena terkadang kita harus berbeda pandangan namun pada dasarnya satu tujuan. Jadi IDI Kab. Soppeng dalam melaksanakan suatu kegiatan jagan hanya fokus kepada kegiatan pokoknya tapi juga jiwa sosial yang ada didalam diri kita yang menjadi hal terpenting.

Oleh karena itu, saya berharap kegiatan ini bukan hanya ceremonial belaka namun yang perlu dilakukan yaitu menjadikan setiap moment agar orang dapat mengenang kita. Hal ini berlaku tidak hanya bagi IDI tapi untuk Organisasi lainnya. Dimana kami selalu memantau dan mendapatkan informasi bahwa IDI Kab. Soppeng memiliki kinerja dan kualitas yang bagus. Tapi semua tergantung orang didalam organisasi itu sendiri dan karakter kepedulian terhadap suatu organisasi. 

Kepada para peserta saya berharap untuk mengikuti kegiatan ini dengan fokus agar dapat mempelajari bagaimana tindakan cepat yang perlu dilakukan pada saat terjadi sesuatu yang tidak diinginkan di lingkungan kita. Semoga kegiatan ini dapat menjadi motivasi bagi kita bahwa menolong merupakan hal yang luar biasa, disamping itu u/ mendapatkan pahala. 

Pada kesempatan in pula, kami sampaikan bahwa semua layanan kesehatan di Kab. Soppeng Alhamdulillah sudah semakin membaik. Kami sangat berkomitmen apalagi jika menyangkut masalah kesehatan karena ini merupakan salah satu prioritas kami. Mari kita bersama-sama melibatkan diri dan bersatu agar Kab. Soppeng dapat menjadi pelayanan kesehatan terbaik minimal di Sulawesi Selatan.

Acara dilanjutkan penyerahan Plakat oleh Ketua IDI kepada Bupati Soppeng Serta penandatangan surat perjanjian kerjasama terkait Podcast Edukasi Kesehatan antara Ketua IDI Kab. Soppeng dan Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kab. Soppeng, Drs. A. Fithratuddin.

Adapun para narasumber pada acara workshop ini yaitu dr. Hj. Mega Citra Diatri, Sp.PD, FINASIM ( Mengenali tanda-tanda serangan jantung ) dan dr. Ridwan Guntur, Sp. An ( Bantuan hidup dasar untuk masyarakat umum )

Turut hadir,  Direktur RSUD La Temmamala Kab. Soppeng, mewakili Kadis Kesehatan kab. Soppeng, para pengurus IDI Kab. Soppeng.

Publish : wandi