Ditengah Modernisasi Angkutan, Pak Lama Pabbindi di Takalala Tetap Eksis




Media Infota, Soppeng,- Hujan yang mengguyur Kabupaten Soppeng hari ini khususnya di Pasar Takalala Kecamatan Marioriwawo tidak menyurutkan semangat Pak Lama mencari rejeki.

Pak Lama adalah warga Kampung Baru Kelurahan Tettikenrarae Marioriwawo yang mengais rejeki melalui kendaraan tradisional Bendi yang lebih dikenal dengan istilah Pabbindi.

Ditemui ketika menurunkan penumpang di samping pasar takalala, Pak Lama mengungkapkan rasa syukurnya masih bisa mendapatkan penumpang ditengah gencarnya kendaraan ojek motor, Selasa(16/1/24).

" Alhamdulillah, maega mupa lo mabbindi ( masih banyak yang mau naik bendi),ungkapnya dalam bahasa bugis.

Pak Lama lelaki berusia 60 tahunan yang masih kelihatan bugar dan gembira melakoni pekerjaannya sebagai tukang bendi, senyumnya tak pernah lepas kepada penumpang dan calon penumpangnya.

Kepada media, Pak Lama juga mengisahkan dirinya bersama bendinya biasa dilibatkan pada acara-acara daerah " Wekka duana menre Soppeng acarana pak Bupati, purato ku Lompulle " Ujarnya lagi.

Salah satu acara pak Bupati yang dimaksud Pak Lama adalah pagelaran La Patau Matanna Tikka yang digelar pada tahun lalu yang mana dia bersama bendinya mengikuti pawai pada saat itu.

Pak Lama juga merasa bangga dengan corak Bendinya yang loreng militer, " Biasa juga dipanggil (di pakai ) kalau ada acara sama pak Tentara, makanya dicat loreng sama pak Tentara." Kuncinya dengan bangga.

Pak Lama adalah salah satu contoh nyata semangat orang Soppeng yang selalu menyala untuk berjuang mencari nafkah halal bagi keluarganya.(JJ)