Pemkab Soppeng Gelar Penyerahan Bansos dan Vaksinasi Serentak di Kecamatan Lilirilau


MEDIA INFOTA ■ Pemerintah Kabupaten Soppeng bersama Kodim 1423 Soppeng dan Polres Soppeng menggelar Acara Penyerahan Bantuan Sosial dan Vaksin Serentak, 20 Tahun Akademi Angkatan Bersenjata Republik Indonesia (AKABRI) 2001. Bertempat di Gedung Pertemuan Masyarakat Cabenge, Kec.Lilirilau, Kab. Soppeng
Selasa, 28 Desember 2021

Acara diawali dengan pembacaan doa yang dipandu oleh bapak Asef Sibli.

Dilanjutkan dengan sambutan Kapolres Soppeng, AKBP Mohammad Roni Mustofa, S.IK, M.IK dengan menyampaikan beberapa hal dengan Memilih hari Selasa yang jatuh pada hari ini karena AKABRI genap berusia 20 Tahun, maka dijadikan sebagai moment yang tepat sebagai wujud rasa syukur karena telah mengabdi selama sekian tahun untuk NKRI.

Dalam rangka memperingati 20 Tahun AKABRI, kegiatan ini berlangsung serentak dari Sabang sampai Maraoke. Tidak hanya itu, Dandim dan Kapolres sama-sama melaksanakan bakti sosial seperti membangun vasilitas umum, tempat ibadah, memberikan bantuan sembako kepada masyarakat pra sejahtera dimana pembagian bantuan ini akan diserahkan oleh Babinsa atau Babinkamtibmas secara langsung kepada masyarakat karena mereka lebih tahu mana yang lebih berhak untuk menerima bansos tersebut dan mana yang tidak karena sudah dianggap sejahtera dengan kehidupan ekonominya yang lebih baik, dengan harapan bantuan tersebut dapat tepat sasaran. Tak hanya itu, juga dilakukan penyerahan bansos yang akan diserahkan secara simbolis oleh Bupati Soppeng kepada para vaksinator dan relawan yang telah berjuang dan bekerja keras dengan pengorbanan yang tidak sedikit.

Kabupaten Soppeng menjadi Fokus perhatian oleh daerah lain atas pencapaian presentase 70% vaksinasi dalam jangka waktu yang tidak lama. Hal itu disebabkan karena adanya kerja sama yang baik antara semua pimpinan dan stakeholder yang terjun langsung ke lapangan demi untuk mencapai target.

Kapolres Soppeng juga menghimbau kepada seluruh masyarakat agar pelaksanaan tahun baru kali ini tetap di rumah saja, dan mengambil hikmah dibalik moment ini untuk berkumpul dengan keluarga, saling berbagi dengan keluarga, dengan melakukan kegiatan yang positif, karena moment tersebut jarang sekali kita lakukan karena faktor kesibukan masing-masing.

Pada kesempatan berikutnya, Dandim 1423 Soppeng, Letkol Inf. Richard Marihot Butarbutar, S.AP.,M.Tr(Han) dalam sambutannya menyampaikan 20 tahun pengabdian AKABRI terhadap NKRI pada saat ini adalah bertanggung jawab terhadap penanganan covid 19 dengan memaksimalkan pencapaian target sesuai yang diharapkan. Dengan karakter dan semangat masyarakat Soppeng yang dikenal dengan istilah “yassisoppengi”, yakin dan percaya bahwa segala permasalahan dapat teratasi dengan baik, begitu pun dengan penanganan pandemi covid yang sampai saat ini masih ada dengan tetap menjaga kekompokan, kerjasama, dan tanggung jawab bersama

Varian Umicron menular ke orang-orang yang sudah divaksin, sehingga diharapkan untuk tidak terlena dengan situasi dan kondisi yang ada saat ini. Selama kegiatan tahun baru, dihimbau kepada masyarakat untuk tetap menjaga keamanan dan ketertiban bersama, tetap behati-hati dengan varian covid yang baru karena virus varian baru ini sangat ganas dibanding virus sebelumnya.

Tetap menjaga pola hidup sehat, tetap mematuhi protokol kesehatan, tetap disiplin dan mentaati semua aturan yang telah ditetapkan. Jika dalam pelaksanaan tahun baru, ada masyarakat yang melakukan pelanggaran, maka yang akan dipanggil menghadap adalah Camat, Kades atau Lurah sebagai pimpinan setempat yang bertanggung jawab atas pembebasan masyarakatnya yang melakukan pelanggaran.


Dikesempatan berikutnya, Bupati Soppeng, H.A.Kaswadi Razak dalam arahannya menyampaikan bahwa Capain vaksin sampai hari ini sudah mencapai angka 77%, dan itu adalah bukti bahwa pemerintah telah melakukan salah satu hal terbaik dalam penanganan covid 19 dan patut diapresiasi atas pencapaian tersebut. Capaian-capaian tersebut dicapai atas kerjasama dari semua pihak dan merupakan hasil dari kerja keras, usaha, kekompakan dan tanggung jawab bersama dari semua pihak. Capaian ini juga merupakan hasil kolaborasi yang baik dari semua pihak yang didukung oleh semangat dan rasa pengabdian yang tinggi, yang dapat diartikan bahwa semuanya bersatu padu dalammenghadapi masalah pandemi covid 19 ini, terlebih menjelang tahun baru 2022.

Bupati juga menghimbau kepada masyarakat untuk tidak lengah dengan situasi yang ada pada saat ini, tetap waspada dan berhati-hati dengan segala kemungkinan yang bisa saja terjadi selama pandemi ini, karena tidak ada yang tidak mungkin. Diakhir sambutannya, atas nama pemerintah daerah menyampaikan terima kasih dan apresiasi kepada Kapolres Soppeng dan Dandim 1423 dengan harapan semoga kedepannya semuanya akan menjadi lebih baik. Tidak ada yang kebetulan, kita bisa melakukan semua ini karena adanya kolaborasi yang baik sehingga ini menandakan bahwa kita tidak boleh merasa diri kita sendiri hebat.

Acara dilanjutkan dengan penyerahan 70 paket bantuan sosial secara simbolis oleh Bupati Soppeng kepada Kadis Kesehatan Kab.Soppeng, Sallang, S.KM, M.Kes yang ditujukan kepada Tim vaksinasi Kabupaten dan para Kepala Puskesmas se Kab.Soppeng.

Turut hadir, Wakil Bupati Soppeng, para anggota Forkopimda Kab. soppeng, Kadis Kesehatan Kab. Soppeng, Kadis Perhubungan Kab. Soppeng, Kepala Satuan Pol PP Kab. Soppeng, Pimpinan Bank BRI cabang Soppeng, para Camat, para Kades/lurah se Kab. Soppeng.

Publish : wandi