Bupati Soppeng Buka Kegiatan Pelatihan Dasar CPNS


MEDIA INFOTA ■ Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kab.Soppeng menggelar acara Pembukaan pelatihan dasar calon pegawai negeri sipil golongan III dan II Pemerintah daerah Soppeng kerja sama Puslatbang KMP (pusat Pelatihan, pengembangan dan kajian manajemen pemerintahan) LAN RI Makassar Tahun 2022, bertempat di Ruang Pola Kantor Bupati Soppeng. Selasa, 14 Juni 2022

Acara diawali dengan Penandatanganan nota kesepakatan antara pemerintah Kabupaten Soppeng (Bupati Soppeng, bapak H. A. kaswadi razak) dan Direktorat Jenderal pendidikan vokasi Kementerian Pendidikan Kebudayaan riset dan teknologi (dalam hal ini diwakili oleh Kepala Balai pengembangan penjaminan mutu pendidikan vokasi bidang kelautan, perikanan, teknologi informasi dan komunikasi (BPPMPV KPTK) Bapak Dr. H. A. Rusdi, M. Pd) tentang sinergitas program pengembangan kompetensi sumber daya manusia di lingkungan Pemerintah Kabupaten Soppeng dan Dilanjutkan penyerahan cenderamata dari Bupati Soppeng kepada Kepala BPPMPV KPTK.

Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kab.Soppeng, Andi Maria Razak dalam laporannya, Tujuan Pelatihan Dasar bagi Calon Pegawai Negeri Sipil ini adalah untuk mengembangkan kompetensi CPNS yang dilakukan secara terintegrasi dengan pola penyelenggaraan pelatihan yang memadukan pelatihan klasikal dengan non klasikal. Sasaran Penyelenggaraan Pelatihan Dasar bagi CPNS adalah terwujudnya Pegawai Negeri Sipil yang memiliki kompetensi sesuai dengan persyaratan pengangkatan untuk menjadi Pegawai Negeri Sipil.

Adapun Jumlah Peserta sebanyak 87 orang dengan rincian :

Peserta LATSAR Golongan III sebanyak 57 Orang dan Golongan II sebanyak 30 Orang yang terdiri dari 2 Angkatan :
• Angkatan I yaitu : Tenaga Kesehatan ( 17 orang),Tenaga Tekhnis (26 Orang) total jumlah 43 orang. sedangkan
• Angkatan II yaitu : Tenaga kesehatan (37 orang), Tenaga tekhnis (7 orang) total jumlah 44 Orang.

Pelatihan Dasar CPNS ini diselenggarakan di Hotel Maryam Palace Kab.Soppeng. Adapun waktu penyelenggaraan dimulai tanggal 14 Juni s/d 4 September 2022 .

Kepala pusat Pelatihan, Pengembangan dan kajian manajemen pemerintahan LAN RI Makassar, Bapak Dr. Andi Taufik, M. Si dalam sambutannya menyampaikan, Pelatihan dasar ini pada dasarnya harus dilaksanakan untuk mempersiapkan para calon pegawai negeri sipil dalam penyelenggaraan pemerintahan. Karena pelatihan ini bertujuan untuk mempersiapkan adik-adik kita untuk membentuk karakter dan akan masuk ke dalam gerbang pengabdian untuk bangsa melalui formasi penerimaannya masing-masing.

Pelatihan dasar ini, dapat menjadi pondasi yang kokoh, serta membentuk mentalitas yang kuat dan tangguh sehingga dapat bertahan terhadap gempuran permasalahan yang ada. Birokrasi pemerintahan diciptakan untuk menjalankan satu mandat yaitu pelayanan khususnya di masyarakat. Untuk itu, semuanya harus diberikan pembekalan salah satunya materi bela negara untuk menumbuhkan rasa cinta dan bangga terhadap negeri, serta dibekali budaya kerja baru yaitu berorientasi pelayanan yang akuntabel, loyal, adaptif dan kolaboratif.

Sehingga semuanya harus siap untuk masuk ke gerbang pengabdian itu, dan harus ditanamkan bahwa dikehidupan ini penuh dengan pengabdian. Saya berharap kepada para peserta diklat agar dapat mengikuti kegiatan ini dengan baik, seksama dan penuh disiplin serta tetap menjaga kekompakan.


Bupati Soppeng, H. A. Kaswadi Razak, SE membuka secara resmi kegiatan ini, dalam sambutannya menyampaikan atas nama Pemerintah daerah menyampaikan terimakasih kepada A. Taufik yang senantiasa memperhatikan dan memberikan motivasi yang luar biasa khusunya kepada aparatur sipil negara dengan tujuan untuk menciptakan kader-kader ASN yang handal dimasa yang akan datang. Saya minta kepada para peserta diklat ini, pada saat proses belajar jangan ada yang main HP karena hal ini memiliki dampak negatif terhadap etos kerja kita. Kita adalah harapan bangsa dan menjadi tulang punggung masa depan Republik ini, jadi kita harus jujur dan loyal.

Perlu menjadi pertimbangan bagi kita semua yaitu banyak ASN yang percaya diri mengadu ke Media Sosial dari pada ke atasannya. Ini perlu menjadi perhatian kita bersama karena ini akan beresiko dalam menjalankan pekerjaan kita khususnya dalam melayani masyarakat. Jadi jangan sampai hal ini disepelekan. Saya berharap kepada para peserta diklat, agar mengikuti pelatihan ini dengan baik karena ini adalah suatu tahapan dan langkah kita selanjutnya untuk menjadi ASN 100%. Kita semua adalah orang hebat sehingga harus menjadi kebanggaan keluarga dan masyarakat.

Acara dilanjutkan pengalungan tanda peserta secara simbolis oleh bupati soppeng turut mendampingi Wakil Bupati Soppeng, Kepala Puslatbang KMP LAN Makassar, Sekretaris daerah, dan Kepala BKPSDM Kab. Soppeng.

Turut hadir pada kegiatan ini, Wakil Bupati Soppeng, Sekda Kab. Soppeng, para kepala SKPD Kab. Soppeng, para kepala bagian setda kab. Soppeng.

Publish : wandi